Kamis, 01 November 2012

Pantai Tertitip dan Danau Tagaraja

Ibukota kecamatan Kateman, Sungai Guntung adalah salah satu kota pesisir yang cukup ramai di kabupaten Indragiri Hilir karena letaknya yang strategis berada di lintas transportasi dari Indragiri Hilir ke arah Kepulauan Riau. Untuk mencapai sungai guntung, dari tembilahan diperlukan waktu 3 jam perjalanan dengan ferry atau speed boat yang setiap hari ada beberapa kali jadwal keberangkatannya.
Pantai Tertitip yang berpasir putih hanya berjarak tempuh 5 menit dengan perahu atau Pompong dari pelabuhan Sungai Guntung. Di lokasi ini akan dikembangkan menjadi kawasan wisata trta dimana pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas rekreasi, hiburan, dan olah raga air.
Di Kecamatan ini wisatawan juga dapat berkunjung ke danau Tagaraja, yang pada hari libur selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Dahulunya danau ini bernama kolam Raja, dipakai sebagai tempat pemandian dan sumber air bersih untuk kebutuhan kerajaan Kateman. Di dasar danau ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang menghubungkan danau tagaraja dengan laut yang menyebabkan permukaan danau ikut naik jika laut sedang pasang naik, begitu pula sebaliknya. Jarak Danau Tagaraja ini hanya 4 Km dari kota Sungai Guntung. Perjalanan ditempuh dengan memakai sepeda motor pribadi atau menumpang ojek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar